batik-ecoprinting

Batik Eco Printing

Batik ecoprinting merupakan batik yang dibuat dengan teknik memberi pola pada bahan atau kain menggunakan bahan alami.Sesuai dengan namanya, eco dari kata ekosistem (alam) dan print yang artinya mencetak, batik ini dibuat dengan cara mencetak bahan-bahan yang ada di alam, salah satunya daun.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Endang Prahastuti (@endangprahastuti) pada


Proses pembuatan batik ini terbilang cukup mudah, Kita ambil daun letakkan diatas sisi kain kemudian sisi yang lain dijadikan penutup dan buat pola yang diinginkan Setelah itu, kain dipukul-pukul dengan palu atau batu. Perhatikan proses ketukan sampai air pada daun keluar dan membentuk pola serupa bentuk daun Ketuk secara teratur sampai seluruh bagian daun mengeluarkan air. Semakin rata ketukan dan semakin ditekan, maka warna yang dihasilkan akan semakin baik.


 

Lihat postingan ini di Instagram

 

teknik ponding

Sebuah kiriman dibagikan oleh Endang Prahastuti (@endangprahastuti) pada


Tahapan selanjutnya adalah pengukusan agar warna daun keluar. Lipatan kain tersebut dikukus selama setengah hingga satu jam setelah proses pengukusan selesai. Kain dibersihkan dari sisa daun yang menempel. Tahap terakhir yang dilakukan adalah dengan merendam kain yang sudah dibatik dengan air campuran tawas. Proses ini berguna untuk mengikat motif dan warna yang sudah tercetak di atas kain. Setelah satu jam perendaman, kain batik eco-print dapat dijemur dibawah terik matahari.



Leave a Reply

WhatsApp chat
%d bloggers like this: