Kekurangan Dan Kelebihan Memanfaatkan Pola Baju Siap Pakai

Mempunyai ketertarikan untuk mengetahui dan mempelajari cara membuat baju namun masih memiliki kesulitan dalam menentukan polanya. Kini Anda tidak perlu risau lagi, karena bisa memanfaatkan pola baju siap pakai yang secara mudah bisa diperoleh di majalah-majalah fashion dan media yang lainnya. namun perlu diketahui juga apakah kekurangan dan kelebihan dari pola tersebut agar Anda lebih yakin.

Kekurangan Pola Baju Siap Pakai

Dalam setiap hal yang dilakukan tentu ada sisi positif dan negatifnya. Begitu juga dengan memanfaatkan pola baju yang siap pakai  tentu ada kekurangan dan kelebihannya karena pada kenyataan dalam setiap proses baik pengerjaan pola dan juga pembuatannya tentu tidak akan luput dari kekurangan. Berikut ialah kekurangan dalam memanfaatkan pola baju yang siap untuk dipakai:

  • Busana yang dibuat menggunakan pola seperti ini terkadang tidak selamanya sesuai untuk semua orang
  • Desain yang dibuat terbatas karena sangat bergantung kepada pola yang tersedia
  • Untuk mendapatkan busana yang sesuai dengan bentuk dan berat badan terkadang harus melakukan sedikit perubahan terhadap pola yang sudah ada

Jenis dari pola cetak seperti ini pun beragam, sebagian sengaja dibuat dengan desain sederhana dan standar dan sebagian lagi dibuat untuk desain yang lebih rumit. Namun bagaimana pun bentuk dari sebuah pola baju, pola seperti ini tetap menjadi pilihan pertama yang bisa Anda andalkan untuk menjahit baju.

Meskipun menggunakan pola standar namun tetap memiliki berbagai variasi dan ukuran sehingga Anda dapat menyesuaikan sendiri pola tersebut ke ukuran tubuh Anda. karena pola seperti ini disesuaikan dengan berbagai ukuran tubuh banyak orang.

Agar Anda semakin mudah dalam menyesuaikannya biasanya pola seperti ini disertai gambar dari desain busana atau pakaian tersebut, beserta dengan ukuran dan juga berbagai macam yang berhubungan dengan pakaian dalam bentuk jadinya nanti. Tidak hanya itu, selain terdapat gambar dari model pakaian dan juga pecah polanya, pada masing-masing pakaiannya juga dilengkapi dengan petunjuk pemakaian pola berdasarkan simbol-simbol yang disertakan di setiap pakaiannya.

Kelebihan Pola Baju Siap Pakai

Ada kekurangan tentu ada juga kelebihannya, karena tidak mungkin suatu hal hanya berisi tentang kekurangan saja atau pun sebaliknya. Berikut ini kelebihan dari memanfaatkan pola baju yang siap dipakai atau ready to wear:

  •  Dengan memanfaatkan pola baju yang siap pakai, tentu Anda lebih bisa menghemat waktu dan juga tenaga karena tidak perlu mengalami kerepotan dalam mengambil ukuran badan
  • Pola seperti ini secara umum tersedia dalam berbagai ukuran sehingga Anda akan dipermudah untuk menyesuaikannya dengan ukuran tubuh Anda apakah diperbesar atau diperkecil?
  • Penggunaan pola seperti ini juga dirasa sangat praktis dibanding dengan menggunakan pola konstruksi karena Anda hanya perlu menempelkan pola ke kain lalu memotongnya.
  •  Mempermudah Anda yang sedang belajar menjahit dan belum menguasai pembuatan pola
  • Pada usaha konveksi, pola seperti ini langsung bisa dipakai dan diproduksi dalam jumlah yang banyak.

Ketika seseorang menyebutkan kata ready to wear, ternyata masih banyak yang salah kaprah terhadap itu. Kebanyakan orang berpikir bahwa busana tersebut hanya terbatas pada pakaian yang sederhana, simple dan praktis. Namun arti yang sebenarnya ialah busana atau pakaian yang bisa langsung dikenakan tanpa harus mengukur badan dan melakukan pemesanan desain terlebih dahulu. Namun pasti ada kekurangan dan kelebihan di dalamnya.

WhatsApp chat
%d bloggers like this: