solusi cod tanpa marketplace

Solusi COD tanpa marketplace

by

in

Pertumbuhan bisnis online di Indonesia telah menciptakan berbagai metode pembayaran yang memudahkan konsumen. Salah satu metode yang populer adalah pembayaran Cash on Delivery (COD). Namun, kini ada alternatif yang lebih bersifat lokal dengan menggunakan layanan Pos Indonesia sebagai sarana transaksi pembayaran COD tanpa melibatkan marketplace.

Pos Indonesia, sebagai perusahaan ekspedisi dan logistik terkemuka di Indonesia, telah memperluas layanannya dengan mengintegrasikan pembayaran COD. Konsumen dapat memanfaatkan jasa ini untuk bertransaksi yang menggunakan website atau media sosial sebagai platform penjualan.

Pembayaran COD tanpa melibatkan marketplace melalui layanan Pos Indonesia tidak hanya memberikan kenyamanan kepada konsumen tetapi juga mendukung perkembangan ekonomi lokal. Dengan cara ini, kita dapat bersama-sama membangun ekosistem perdagangan yang lebih inklusif dan mendukung pertumbuhan usaha kecil dan menengah di Indonesia.

Keuntungan Pembayaran COD Melalui Pos Indonesia:

  1. Dukungan untuk UKM Lokal: Melalui pembayaran COD menggunakan Pos Indonesia, konsumen dapat memberikan dukungan langsung kepada usaha kecil dan menengah (UKM) lokal. Ini membantu pertumbuhan ekonomi di tingkat lokal dan mendorong kemandirian ekonomi di berbagai daerah.
  2. Minim Biaya Transaksi: Pembayaran COD melalui Pos Indonesia dapat mengurangi biaya transaksi yang biasanya diterapkan oleh marketplace besar. Hal ini dapat memberikan keuntungan tambahan baik untuk penjual maupun konsumen.
  3. Keamanan Transaksi: Pos Indonesia telah dikenal sebagai perusahaan logistik yang dapat dipercaya. Dengan menggunakan layanan ini, konsumen dapat memastikan keamanan transaksi pembayaran COD mereka. Setiap pembelian dilakukan dengan keyakinan bahwa barang akan diterima dengan baik dan pembayaran akan diproses dengan benar.
  4. Jangkauan Wilayah yang Luas: Dengan jaringan kantor cabang dan agen Pos Indonesia yang tersebar di seluruh Indonesia, pembayaran COD dapat diakses oleh konsumen di daerah terpencil sekalipun. Hal ini membantu mengurangi kesenjangan aksesibilitas ekonomi antara wilayah perkotaan dan pedesaan.

Cara mengirim paket COD dengan Pos

Sebelum melakukan pengiriman paket, anda diwajibkan memiliki rekening di POSPAY

  1. Pertama anda diharuskan mendownload aplikasi Pospay di playstore atau Apstore.
  2. Setelah anda mendownload aplikasi tersebut, silahkan mendaftar di aplikasi tersebut, isi data diri anda sesuai KTP
  3. Setelah anda mendaftar di aplikasi tersebut tidak bisa langsung digunakan, anda harus melakukan aktivasi di kantor pos terdekat
  4. Biaya administrasi Cash on Delivery (COD) pada PT Pos Indonesia adalah 1% dari nilai COD. Biaya ini akan dipotong dari rekening POSPAY

Setelah proses aktivasi sudah selesai, siapkan paket seperti biasa, packing dengan rapi dan kuat jika barang berupa cairan atau barang yang butuh penanganan khusus, konfirmasikan kepada petugas POS. Cantumkan nama penerima, No Hp penerima yang bisa dihubungi, beserta alamat lengkap penerima.

Kemudian petugas POS akan menimbang berat, menanyakan isi barang dan nilai barang, nilai kiriman berguna untuk asuransi dan juga jumlah yang harus dibayar oleh penerima nantinya. Ongkir tetap dibayar oleh pengirim, namun nanti ongkir tersebut akan dibayar kembali oleh penerima dan masuk ke rekening POSPAY anda.

Uang COD biasanya masuk 1 sd 2 hari ke rekening POSPAY setelah kiriman itu diterima dan dibayar oleh Pembeli. Petugas POS tidak akan menyerahkan paket kepada penerima sebelum mereka membayar senilai COD Pos tersebut (nilai barang + ongkir + biaya admin COD).

Apabila mereka menolak membayar maka kiriman COD Pos itu akan dikembalikan kepada pengirim, jika ada kendala paket rusak atau hilang dalam proses pengiriman pihak kantorpos akan menggantinya.