Categories
Blog

Tips memilih zipper

Barang ini memang terlihat sepele tapi memiliki peranan yang sangat penting, resleting!!!! yah resleting atau zipper namanya. Sebuah komponen penting dalam industri fashion dimana barang ini memiliki dua potong kain dilengkapi dengan deretan gerigi berbahan logam atau plastik yang bisa dibuka dan ditutup dan tersedia dalam berbagai model dan ukuran.

Jenis dan ukuran tergantung dari desain dan kegunaannya . Ukuran resleting dapat dibagi menjadi beberapa golongan yaitu ukuran dengan gigi resleting 3mm, 5mm dan 8mm baik untuk yang jenis close end maupun open end. Semakin besar angka yang digunakan untuk menyatakan ukuran resleting maka semakin besar pula gigi resletingnya.

Berikut jenis resleting berdasarkan desain

  1. Open end merupakan resleting yang bagian bawahnya tidak terkunci sehingga antara tape sebelah kanan dan kiri bisa dipisah atau dilepas.
  2. Two way open end merupakan resleting yang slidernya dapat dibolak-balik dan ujungnya dapat dilepas atau dipisahkan.
  3. Close end merupakan resleting yang bagian bawahnya terkunci oleh kawat sehingga bagian kanan dan bagian kiri tidak dapat dipisah
  4. Double slide ujung merupakan resleting yang memiliki dua kepala slider (pengatur dari ujung masing-masing resleting)
  5. Double slide tengah merupakan resleting jenis close end yang memiliki dua kepala slider dalam satu resleting. Slider ini akan saling bertemu di bagian tengah ketika resleting di tutup.

Berikut jenis resleting berdasarkan bahan

  1. Metal Zipper merupakan jenis resleting yang giginya terbuat dari bahan metal, semacam brass (kuningan), aluminium dan nikel. resleting jenis ini juga biasanya diproduksi dalam bentuk close end maupun open end
  2. Coil Zipper merupakan jenis resleting yang memiliki gigi berbentuk gulungan panjang dari bahan polyester atau nylon. Coil zipper umumnya diproduksi dalam bentuk close end maupun open end dengan ukuran panjang yang tidak terbatas dan dijual dalam bentuk gulungan atau meteran. 
  3. Plastic Zipper merupakan jenis resleting yang terbuat dari bahan plastik atau resin. resleting ini biasanya diproduksi dalam bentuk open end dan banyak digunakan untuk jaket atau tas.
  4. Invisible zipper atau biasa disebut juga resleting jepng merupakan jenis resleting yang ketika dipasang pada pakaian bagian giginya akan tersembunyi dan tidak kelihatan dari bagian baik bahan kain. Resleting jenis ini pada umumnya hanya tersedia untuk tipe close end dan banyak digunakan untuk rok maupun gaun.
  5. Deldrin zipper atau vislon zipper merupakan jenis resleting yang memiliki gigi seperti metal zipper tapi bahannya terbuat dari resin polyacetal atau resin jenis lain seperti polyethylene. Delrin zipper bisa dijumpai dalam bentuk close end maupun open end.
  6. Waterproof zipper merupakan jenis resleting yang biasa digunakan untuk membuat berbagai macam pakaian yang khusus digunakan didalam air bertekanan tinggi, salah satunya yaitu berupa pakaian selam.
  7. Fireproof zipper dapat dikategorikan ke dalam jenis resleting yang memiliki ketahanan tinggi terhadap panas atau api pada suhu panas tertentu. Fireproof zipper umumnya dapat dijumpai pada baju-baju pemadam kebakaran atau produk lain sebut saja jok mobil. 
Baca Juga  5 Tips memilih kain furing

Karena begitu pentingnya sebuah komponen resleting maka pemilihannya juga harus tepat. Sebelum anda memutuskan untuk membeli resleting perhatikan hal hal berikut ini

  • Sesuaikan ukuran resleting dengan kebutuhan , ukuran resleting dibagi menjadi beberapa golongan yakni 3mm ,5mm, dan 8mm baik untuk jenis close end yang bagian bawahnya terkunci oleh kawat (bottom stop) maupun jenis open end yang bagian bawahnya tidak terkunci sehingga antara tape sebelah kanan dan kiri bisa dipisah.
  • Sesuaikan warna resleting dengan warna kain anda. untuk menciptakan kesan mewah sesuaikan warna resleting dengan warna material kain yang anda gunakan untuk membuat pakaian atau produk kerajinan jahit lainnya
  • Pilih merk yang terpercaya Saat ini zipper sudah diproduksi dalam beragam merek terkenal, seperti resleting YKK, NYK, OPTI, CHIQ, YBS, SBS, dan lain sebagainya. nilai jual sebuah pakaian misal jaket, tas atau celana bisa diukur dari seberapa bagus resletingnya
  • Perhatikan bahan yang dipakai untuk gigi resleting , untuk mendapatkan resleting dengan kualitas terbaik anda juga harus memperhatikan jenis gigi yang digunakan, apakah gigi resleting tersebut terbuat dari bahan  plastik atau bahan logam.

1 reply on “Tips memilih zipper”

Comments are closed.