neci kain

Neci Kain

by

in

Dalam industri jahit ada beberapa teknik finishing pinggiran kain, berikut beberapa teknik finishing pinggiran kain yang sering digunakan

Neci

Neci merupakan teknik merapikan atau mengunci tepi kain dengan cara memotong dan membalutnya dengan benang khusus. Neci tidak bisa dilakukan dengan tangan harus menggunakan mesin khusus yaitu mesin neci.

Mesin neci dan obras memiliki sistem kerja yang sama, pisau pada mesin neci memotong tepi kain dan secara otomatis tepi kain dibalut menggunakan benang yang terdapat pada jarum dan looper yang sudah di desain putarannya.

Kelebihan menggunakan tehnik pinggiran neci Produksi lebih cepat dan hemat, terlihat unik dan menarik jika menggunakan benang ori dan mesin neci asli. Bisa digunakan sebagai motif dengan menggunakan benang yang berbeda.

Jahit Tepi

Jahit tepi menggunakan teknik melipat kecil tepi kain kemudian menjahitnya dengan mesin jahit biasa, istilah lain jahit tepi adalah klem.

Pinggiran Cutting Laser

Tepi cutting laser biasanya hanya digunakan pada jilbab saja dan bahan kain yang memiliki campuran polyster. Karena bahan polyster bisa menempel seperti plastik jika terkena panas. tepi laser ini memiliki kekurangan yaitu, tepi tidak seawet neci atau jahit tepi, namun memiliki kelebihan hasil sangat rapi dan pola bisa dibentuk sesuai selera.

Pinggiran tepi kain dengan bisban

Bisban merupakan kain yang berbentuk seperti pita cara penggunaanya dengan cara membungkus pinggiran kain supaya tampilannya menjadi tampak makin manis dan rapi. Jadi selain digunakan untuk melengkapi suatu penyelesaian jahitan bisban ini sebenarnya juga memiliki fungsi dekoratif. tepi kain bisban lebih sering diaplikasikan ke produk hijab, mukena, sepatu, topi, tas, dompet celemek dan lain sebagainya.

Pinggiran kain rawis

Pinggiran kain rawis adalah tepi kain yang diuraikan menggunakan mesin khusus tidak dirapikan seperti neci dan jahit tepi sehingga serat kain terlihat seperti bulu. Model ini lenih banyak diaplikasikan pada jilbab model segi empat dan pashmina yang berbahan katun karena memiliki serat yang besar jadi serat tidak mudah lepas walaupun tidak dineci atau dijahit tepi. tepi rawis sendiri difungsikan untuk variasi sebuah jilbab agar jilbab terlihat unik dan menarik. jilbab yang menggunakan teknik ini disebut segi empat rawis dan pashmina rawis.

Nama lain neci adalah wolsum, jadi neci dan wolsum adalah sama

Perbedaan neci dan klaim? Klaim atau klain adalah istilah lain dari jahit tepi.

Perbedaan neci dengan obras?
Neci lebih rapi dan padat karena digunakan pada area yang terlihat, sedangkan obras lebih renggang dan digunakan pada area belakang yang tidak terlihat. Meskipun dari mesin yang sama namun setelan looper dan sepatu antara mesin obras dan neci berbeda.

Mesin neci memiliki cara kerja yang sama persis dengan mesin obras yang membedakan hanya pada plat gigi setelan pada looper dan setelan benang saja. Mesin obras juga bisa dirubah menjadi mesin neci tetapi hasilnya berbeda dengan mesin neci asli.

Penjahit Mojokerto

Melayani jahit baju wanita & anak segala model. TIDAK TERIMA KONVEKSI Desa Bangsal Rt 11 Rw 02 Mojokerto