pola baju jahit

Cara Mudah Membuat Pola Baju Jahit Sendiri untuk Hasil Jahitan yang Sempurna

by

in

Pola baju merupakan panduan dalam membuat baju yang terdiri dari beberapa potongan kertas atau kain yang akan dijahit menjadi sebuah baju. Pola baju sendiri sangat penting untuk mendapatkan hasil jahitan yang sempurna dan sesuai dengan bentuk tubuh pemakainya, berikut cara membuat pola baju yang sederhana

  1. Ukur tubuh Anda
    Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengukur tubuh Anda. Ukur lingkar dada, pinggang, dan pinggul Anda. Jangan lupa juga mengukur panjang bahu, lengan, dan panjang baju yang Anda inginkan. Catat semua ukuran tersebut agar dapat digunakan saat membuat pola baju.
  2. Buat sketsa pola baju
    Setelah mengukur tubuh, langkah selanjutnya adalah membuat sketsa pola baju. Gunakan kertas pola untuk membuat sketsa pola baju Anda. Pertama, buat garis tengah pada kertas pola. Kemudian, buat garis vertikal pada tengah kertas, dan garis horizontal pada bagian atas dan bawah kertas pola.
  3. Buat pola bagian depan baju
    Pertama-tama, buat pola bagian atas baju terlebih dahulu. Ukur setengah dari lingkar dada Anda, tambahkan 5 cm, dan bagilah hasilnya menjadi dua. Ukur juga panjang dari leher hingga pinggang, tambahkan 5 cm, dan tambahkan 2 cm lagi pada bagian bawah baju. Gunakan hasil pengukuran ini untuk membuat pola atas baju.

Selanjutnya, buat pola bagian bawah baju dengan mengukur setengah dari lingkar pinggul Anda, tambahkan 5 cm, dan bagi hasilnya menjadi dua. Ukur juga panjang dari pinggang hingga panjang baju yang Anda inginkan, tambahkan 2 cm lagi pada bagian bawah baju. Gunakan hasil pengukuran ini untuk membuat pola bawah baju.

Penjahit Mojokerto

Melayani jahit baju wanita & anak segala model. TIDAK TERIMA KONVEKSI Desa Bangsal Rt 11 Rw 02 Mojokerto

  1. Buat pola bagian belakang baju
    Untuk membuat pola bagian belakang baju, gunakan pola bagian depan baju sebagai acuan. Gunakan kertas pola baru dan letakkan pola bagian depan baju di atasnya. Gambarlah pola bagian belakang baju dengan mengikuti bentuk pola bagian depan baju.
  2. Potong dan jahit baju
    Setelah selesai membuat pola baju, gunakan pola tersebut untuk memotong kain dan jahit baju sesuai dengan pola yang telah dibuat. Pastikan untuk menjahit dengan hati-hati dan memperhatikan detail-detail kecil agar hasil jahitan menjadi rapi dan sesuai dengan bentuk tubuh Anda.

Ingatlah untuk menjahit dengan hati-hati dan memperhatikan detail-detail kecil agar hasil jahitan menjadi rapi dan sesuai dengan bentuk tubuh Anda. Dengan memahami pola baju, Anda dapat membuat baju yang tepat dan sesuai dengan keinginan Anda.